10 Tempat Wisata Yang Wajib kunjung Di Jogja

parangtritis jogja

10 tempat wisata ini wajib anda kunjungi jika berwisata di Yogyakarta. Yang artinya belum sah jika anda melewatkannya. Asyiknya lagi, banyak objek wisata yang murah meriah di Jogja, seperti penginapan hingga tiket masuk keraton.

Dengan potensi wisata yang hampir setara indahnya di berbagai lini, mulai dari wisata belanja, wisata budaya, wisata kuliner, hingga keindahan alam dan lautnya, tak heran jika Yogyakarta menjadi magnet wisata bagi ribuan turis untuk liburan ke Jogja setiap tahunnya. Untuk memudahkan Anda dalam menikmati aneka tempat wisata di Jogja, simak 10 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Malioboro

Wisata Malioboro
Jalan Malioboro yang terkenal

Salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Malioboro. Liburan ke jogja tak lengkap rasanya jika belum mampir ke Jalan Malioboro. Maliboro adalah surga bagi traveler saat melancong ke Kota Yogyakarta. Ada wisata belanja murah meriah dan wisata sejarah di sepanjang jalannya.
Letaknya yang berada di jantung kota memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke Malioboro. Tempat ini pun tidak pernah sepi wisatawan, sebab ada surga belanja dengan harga murah meriah yaitu Pasar Beringharjo. Anda bisa berburu banyak oleh-oleh menarik di tempat ini, seperti kaos bergambar karikatur lucu yang menggambarkan Yogyakarta dan batik. Ada pula aneka kerajinan kayu berupa miniatur andong hingga sepeda ontel, celana, aksesoris berupa gelang dan kalung, dan masih banyak lagi.
Harga barang-barang di tempat ini berkisar Rp 20.000-100.000. Anda pun bisa membelinya dengan harga yang lebih murah, tergantung ilmu tawar-menawar. Selain belanja, ada banyak juga tempat wisata dan kegiatan menarik di Malioboro. Anda bisa mengunjungi Tugu Yogyakarta, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Umum 1 Maret, dan juga mengunjungi Keraton Yogyakarta yang terletak di ujung jalannya. Perjalanan mengelilingi tempat-tempat tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki.
Jika tidak kuat jalan kaki, Anda juga bisa naik andong atau becak untuk mengelilingi tempat-tempat wisata seru di Malioboro. Biayanya hanya sekitar Rp 10.000-20.000 saja. Siapkan kamera, karena tiap sisi Malioboro ada objek foto berupa bangunan-bangunan tua hingga komunitas anak-anak muda yang berkumpul di sekitar jalanan ini.

2. Keraton Yogyakarta

Wisata keraton yogya
Keraton Yogyakarta saat acara kerajaan

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Keraton Yogyakarta. Belum sah ke Jogja jika belum mengunjungi Keraton Yogyakarta. Di sini Anda dapat mengenal budaya Jawa dari dekat, bertemu abdi dalam, hingga mempelajari kesultanan Yogya. Tempat sakral yang bersejarah.
Yogyakarta mempunyai sejarah yang kuat, mulai dari kesultanan hingga zaman kolonial, salah satu tempat yang penuh dengan sejarah Yogyakarta adalah Keraton Jogja. Letaknya berada di alun-alun selatan Jogja, serta menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat Anda melancong ke Kota Gudeg ini. Dengan harga tiket Rp 5.000, Anda dapat mengelilingi kraton dan merasakan atmosfir khas Jawa. Pohon-pohon besar yang rindang akan membuat sejuk suasana.
Di dalam kraton terdapat Museum Sri Sultan Hamangkubuwono XI. Museum ini berisi koleksi barang-barang peninggalan sultan berupa pakaian, foto-foto, lukisan dan barang-barang antik lainnya. Ada pula Museum Batik dan Museum Kristal. Di Museum Kristal, terdapat barang-barang milik sultan seperti piring, sendok, dan lainnya yang terbuat dari kristal.

 

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan dikala matahari terbenam

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi (Foto : id.wikipedia.org)
Candi Prambanan merupakan bangunan bersejarah paling terkenal di Yogyakarta. Candi ini termasuk tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang singgah di kota gudeg. Selain arsitekturnya yang menawan, Candi Prambanan juga punya sunset yang cantik jelita. Matahari seolah terbenam di antara bangunan candinya.
Siapa yang tidak mengetahui keindahan dan keelokan Prambanan, seribu candi tak jauh dari Kota Yogyakarta, dan menjadi tempat wisata incaran wisatawan. Keindahan itu akan semakin mempesona kala sunset menglengkapi keelokan Prambanan.
Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan Anda cukup menggunakan bus Trans Jogja atau bus jurusan Jogja-Solo-Surabaya dan turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.

4. Candi Borobudur

candi borobudur magelang
Candi Borobudur Magelang, 35 menit dari Jogja

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Candi Borobudur. Lokasi candi ini sebenarnya bukan di Yogyakarta tetapi di Magelang, Jawa Tengah. Namun karena lokasinya dekat dengan jogja, maka candi ini termasuk objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Tak ayal, candi ini selalu ramai wisatawan baik dalam dan luar negeri kapan saja. Sejarah, arsitektur dan pesonanya tak pernah pudar ditelan zaman.
Untuk dapat masuk ke area Candi Borobudur, anda diharuskan menggunakan sarung yang akan dipinjamkan di pintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi yang mempunyai relief dan patung Buddha terbanyak di dunia. Walaupun bukan berada di Jogja, Candi Borobudur selalu didatangi oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja.
Selain menikmati kemegahan cadi, di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur juga terdapat banyak hal menarik yang bisa dikunjungi atau dicoba. Bagi pecinta museum, wisatawan dapat mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa secara gratis. Wisatawan juga bisa menaiki gajah tunggang, kereta kelinci, maupun sepeda tandem untuk mengelilingi kompleks Borobudur.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

kebun binatang gembira loka
Wisata seharian di kebun Binatang Gembira Loka

Selain candi, masih ada lagi tempat wisata di Jogja yang seru dan wajib dikunjungi yaitu Kebun Binatang Gembira Loka. Ada ratusan binatang dengan berbagai tingkah lucunya yang akan menghibur liburan Anda di Jogja. Letak Gembira Loka cukup strategis, sangat mudah sekali di jangkau. Secara administratif, letak kebun binatang yang dibangun oleh salah seorang sultan Ngayogyakarta Hadiningrat ini berada di dua kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Kota Gede dan Kecamatan Umbulharjo, namun keduanya masih masuk kedalam wilayah Kota Yogyakarta.
Selain mengoleksi kurang lebih 400 jenis binatang, dalam kawasan Gembira Loka juga terdapat tak kurang dari 500 jenis tanaman. Wah, luar biasa bukan? Selain mengisi waktu liburan, saat berkunjung ke Gembira Loka tentunya kita juga bisa sekaligus mempelajari jenis binatang dan tanamanan yang barangkali belum pernah kita temui sebelumnya.
Apalagi di Gembira Loka tidak hanya mengoleksi binatang dari dalam negeri saja, tetapi juga berasal dari luar negeri, seperti kangguru dari Australia, dan sejumlah binatang yang sengaja didatangkan dari Afrika, benua yang masih menyimpan banyak binatang ukuran raksasa di dunia ini. Di samping itu, bagi Anda yang membawa serta anak-anak, di dalamnya bisa bermain air dengan beragam wahana, seperti perahu beragam bentuk hewan yang lucu. Dijamin, anak-anak terutama pasti sangat menyukainya.

6. Monumen Jogja Kembali

monumen jogja kembali
Monumen Jogja Kembali sebagai peringatan serangan umum

Monumen Jogja Kembali terletak di Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Monumen berbentuk gunung ini merupakan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Monjali terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Di pintu masuk, terdapat 422 nama pahlawan yang gugur saat membela negara.
Di sana juga tersusun rapi replika, foto, dokumen, berbagai jenis senjata, hingga bentuk replika dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tidak ketinggalan, tandu dan dokar yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman. Monumen Jogja Kembali atau sering disebut Monjali ini termasuk tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi dan menjadi tempat wisata edukasi favorit saat liburan sekolah tiba.
Selain wisata sejarah, monjali juga dilengkapi dengan taman lampion yang menarik. Taman ini dibuka mulai sore hari hingga tengah malam. Pengunjung bisa menikmati lampu-lampu warna-warni yang berbentuk beraneka macam benda seperti hewan maupun bunga. Anda juga bisa menikmati aneka kuliner yang ada di foodcord monjali. Taman lampion monjali ini cocok untuk bersantai dengan keluarga dan rekan-rekan.

7. Kaliurang Jogja

wisata kaliurang jogja
Hutan Wisata Kaliurang, dan ada banyak lagi obyek wisata di lereng Gunung Merapi ini

Jogja tidak hanya menawarkan wisata budaya dan sejarah, wisata alam juga dapat Anda nikmati di kota ini. Bagi Anda yang menginginkan suasana sejuk dan dingin maka Anda bisa mengunjungi Kaliurang. Kaliurang di Sleman menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya Gunung Merapi. Dari Kaliurang, Anda dapat mengagumi indahnya Merapi dari Gardu Pandang yang telah disediakan. Ada juga Telogo Putri, Museum merapi, sampai Gua Jepang. Kaliurang termasuk salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.
Lebih tepatnya lokasi objek wisata Kaliurang ini berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem. Sekitar 28 km dari pusat kota Yogyakarta. Objek wisata Kaliurang terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Udara disini sangat sejuk, dengan suhu udara berada di kisaran 20-25 derajat celcius. Di tempat ini Anda berada pada jarak 12 km dari Puncak Merapi, sehingga dapat menikmati pemandangan Merapi yang indah dan jelas dengan mata telanjang.
Untuk memasuki area wisata Kaliurang, pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 3.000 untuk dewasa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Objek wisata Kaliurang sangatlah luas, terdiri dari beberapa resort, diantaranya Gardu Pandang, Telogo Putri, Museum Merapi, Gua Jepang, dan lain sebagainya.

8. Pantai Parangtritis Jogja

parangtritis jogja
Sunset di Pantai Parang Tritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis di Yogyakarta merupakan salah satu pantai selatan yang populer. Pantai Parangtritis dan sekitarnya merupakan obyek wisata menarik di Jogja yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat liburan. Selain bisa dinikmati dari dekat, pemandangan indah juga terlihat dari atas bukit di kawasan Pantai Parangtritis. Mungkin sudah banyak wisatawan yang berkali-kali mengunjungi Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Tapi, pemandangan Pantai Parangtritis akan terlihat berbeda dari puncak bukit.
Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat. Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Apabila anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, anda dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis. Pantai ini merupakan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

9. Gua Pindul Jogja

wisata goa pindul
Goa Pindul Gunung Kidul, sekitar 30 menit dari kota Jogja

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gua Pindul. Gua Pindul di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, disebut-sebut sebagai tempat cave tubing paling terkenal. Gua ini digemari traveler domestik dan mancanegara. Anda bisa menyusuri gua ini tanpa perlu keahlian khusus.
Berkunjung ke DI Yogyakarta, jangan hanya blusukan di Kota Jogja. Provinsi ini punya banyak tempat untuk bertualang seru, termasuk cave tubing alias susur gua menggunakan ban dan pelampung. Gua Pindul adalah tempat cave tubing paling terkenal. Bukan cuma di Gunungkidul, mungkin juga di Indonesia. Panjangnya sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua adalah 4 meter, dengan kedalaman air sekitar 5-12 meter.
Cara paling baik menyusuri Gua Pindul tentu saja cave tubing. Turis memakai ban dan pelampung, kemudian menyusuri 3 zona yaitu zona terang, remang, dan gelap. Total sekitar 45 menit. Sebelum terjun ke air, traveler perlu mendaftar dan membayar Rp 30.000 per orang. Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Saat ini, wisata cave tubing Gua Pindul dipegang oleh masyarakat setempat.
Satu pemandu bertanggungjawab terhadap 5-10 orang peserta. Ban dan pelampung dibagikan, kemudian Anda akan memulai petualangan dekat bibir gua. Di dalam gua pemandu akan menerangkan berbagai fakta geografis dan keunikan Gua Pindul. Salah satunya, stalaktit terbesar ke-4 sedunia.

10. Taman Pintar Jogja

wisata taman pintar jogjakarta
Taman Pintar tempat wisata yang mengasyikkan bagi anak

Siapa bilang belajar itu membosankan? Cobalah datang ke Taman Pintar di Jogja. Taman ini memiliki aneka macam permainan dengan sains yang seru dan mengasyikan. Dijamin, Anda akan lebih pintar setelah berkunjung ke Taman Pintar. Objek wisata ini termasuk salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bagi Anda yang menginginkan wisata edukasi.
Taman Pintar memiliki tiga zona yaitu Playground, Gedung PAUD Barat, Gedung PAUD Timur, dan Gedung Memorabilia. Di masing-masing zona ada banyak permainan menarik yang dapat Anda coba. Di zona Playground terdapat beberapa permainan dan wahana yang seru seperti air mancur, pipa bercerita, rumah pohon, tapak presiden, gong perdamaian, labirin, dinding berdendang, desaku permai, taman lalu lintas sampai ayunan dan jungkat-jungkit. Permainan tersebut akan mengajarkan Anda tentang sains dengan cara yang tidak membosankan!
Taman Pintar buka tiap hari Selasa-Minggu, pukul 09.00-16.00 WIB. Tiket masuknya seharga Rp 8.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk orang dewasa, kecuali di zona playground yang tidak dikenakan biaya. Berkunjung ke Taman Pintar akan membuat Anda menjadi jauh lebih pintar. Terbukti, belajar sains dan sejarah di sini tidaklah membosankan. Demikian sekilas info wisata tentang aneka tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi saat liburan di Jogja, semoga bermanfaat.

Leave a Reply