Keistimewaan Candi Prambanan

Candi Prambanan atau yang sering disebut sebagai candi Roro Jonggrang ini merupakan sebuah candi yang terbesar di Jawa Tengah. Candi ini menunjukkan kemegahan bangunan Hindu yang dibangun pada abad ke 9 masehi. Candi ini dibangun untuk persembahan kepada ketiga dewa umat Hindu yaitu Brahma, Siwa dan Wisnu. Candi ini terletak di Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini merupakan perbatasan antara jawa tengah dengan provisi jogja. Letaknya yang berbatasan inilah yang membuat unik dari candi ini. Sehingga ketika Anda berkunjung ke jogja Anda masih bisa berkunjung dengan menggunakan trans jogja dari halte Malioboro. Jaraknya sekitar 17 km dari kota Yogyakarta.

Jamelatour.co.idRental Mobil Jogja, kami menyediakan mobil-mobil dengan tahun baru untuk disewakan, Avanza, Xenia, Mobilio, Brio, Ertiga, Inova, Elf, Hiace. Semua dalam keadaan bersih, nyaman dan harum. Segera kontak 081578781230 untuk booking. 

Candi Prambanan ini sudah dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia ala UNESCO yang wajib untuk dijaga kelestariannnya. Tinggi dari bangunaan candi ini sekitar 47 meter. Apabila melihat dari kejauhan, Anda akan melihat bahwa candi ini terlihat sangat megah. Kemegahannya akan bertambah jika Anda menyaksikan candi ini di malam hari.

Berawal dari sejarah Roro Jonggrang yang meminta dibuatkan arca sebanyak 1000 buah dalam semalam, namun Roro Jonggrang ini melakukan kecurangan sehingga hanya bisa diselesaikan dengan jumlah 999 arca. Kecurangan dari roro jonggrang inilah yang membuat Roro Jonggrang dikutuk menjadi arca yang ke 1000. Sehingga legenda ini disebut sebagai salah satu legenda Roro Jonggrang yang populer sebagai cikal bakal terbentuknya candi Prambanan yang istimewa.

Candi prambanan ini ketika dinikmati di sore hari akan sangat istimewa. Sebab pemandangan saat matahari akan terbenam membuat candi ini menjadi terlihat sangat megah dibalut dengan cahaya matahari yang hampir terbenam ini. Candi ini buka dari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Anda bisa mengunjungi candi ini dan menikmati banyaknya stupa-stupa yang menjadi peninggalan sejarah sekaligus sebagai saksi sejarah keberadaan budaya hindu yang begitu kental di Indonesia. Situs ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup sering dikunjunbgi oleh wisatawan yang penasaran dengan kemegahan dari candi ini yang memang sudah cukup populer hingga mancanegara.

Candi prambanan ini sebagai situs warisan dunia ini wajib untuk dijaga keberadaannya. Meksipun demikian Anda masih bisa menikmati kemegahan dari budaya hindu ini dengan membayar tiket masuk sebesar 30 ribu rupiah untuk orang dewasa, dan 12,5 ribu rupiah  untuk anak-anak. Khusus untuk turis asing, akan dikenai biaya sebesar 18 dolar. Sebagai salah satu situs kebudayaan yang menjadi warisan dunia ini, tentu saja akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga candi ini menjadi candi yang wajib dijaga keberadaanya. Candi yang menjulang tinggi bahkan diklaim lebih tinggi dari Candi Borobudur ini sangat ramai dikunjungi ketika hari istimewa umat hindu.

Candi prambanan ini dapat diakses dengan mudah ketika anda berkunjung ke Jogja. Anda bahkan bisa hanya menggunakan trans jogja ketika akan berkunjung ke candi ini. Dari halte Malioboro, anda bisa langsung menuju ke candi prambanan menggunakan trans Jogja jurusan Prambanan. Sehingga ketika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika berkunjung ke Jogja, anda bisa menggunakan transportasi masal ini untuk menuju ke candi Prambanan. Di candi ini ada sebuah taman yang cantik yang dibangun di sekitar areal candi ini. Dari halte Prambanan, pengunjung hanya perlu berjalan kaki ketika akan masuk ke areal candi Prambanan ini.

Anda tidak ingin ribet untuk masalah rute dan penginapan ke Candi Prambanan? Jangan khawatir, anda bisa menggunakan jasa Paket Wisata Jogja dan Sewa Mobil Jogja Jamela Tour & Travel. Silahkan kontak kami di 081578781230.

Pencarian lain:

keistimewaan candi prambanan, keunikan candi prambanan, keunggulan candi prambanan, kelebihan tang di miliki candi Prambanan, prambanan malam hari, kelebihan dan kelemahan teks sejarah candi prambanan, kelebihan dan kekurangan candi prambanan, kekurangan dan keunggulan candi prambanan, kekurangan candi prambanan, keist

Leave a Reply