Menjelajahi Eksotisme Keindahan Embung Glanggeran

Di Kabupaten Gunung Kidul banyak menawarkan tempat- tempat pariwisata yang baru. Salah satunya obyek wisata yang relatif baru adalah Embung Nglanggeran. Embung adalah kata lain dari telaga buatan dalam bahasa jawa. Fungsi dari Embung Nglanggeran ini utamanya adalah untuk mengairi kebun buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain itu tentu sebagai obyek wisata. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. Ketika sampai dipuncak rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan telaga buatan yang indah dan di sekitar terlihat pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Nglanggeran. Sedang di sisi lain anda akan disuguhi  keindahan lembah yang menghijau hingga batas horizon. Dan dikala senja tiba ketika matahari mulai tenggelam, pemandangan alam ini akan lebih sempurna.

Jamelatour.co.idRental Mobil Jogja, kami menyediakan mobil-mobil dengan tahun baru untuk disewakan, Avanza, Xenia, Mobilio, Brio, Ertiga, Inova, Elf, Hiace. Semua dalam keadaan bersih, nyaman dan harum. Segera kontak 081578781230 untuk booking. 

Kuliner yang tersedia di lokasi wisata ini adalah coklat karena tempat ini juga sebagai lokasi pembuatan coklat Nglanggeran. Disini terdapat oleh-oleh seperti permen coklat dengan harga bervariasi dan cemilan serba coklat dengan varian bentuk. Selain itu ada minuman coklat dengan daftar harga yang ada di kasir. Ada juga penjual makanan keliling seperti bakso tusuk, bakso bakar, lotis buah. Di tempat Embung Nglanggeran ini dilarang membuang sampah sembarangan atau memancing di embung.

Fasilitas yang ada di lokasi ini sudah cukup memadai. Terdapat area parkir yang cukup luas, toilet, musholla, warung-warung dan dan gazebo/ pendopo untuk bersantai. Anda juga bisa membeli bunga krisan di Taman Teknologi Pertanian dekat pintu keluar. Harga per pot bunga krisan Rp. 15.000.

Tarif ke lokasi wisata ini Rp. 8.000/orang, sedang bila membawa kendaraan roda dua tarif parkir Rp. 2.000,. Tempat wisata Embung Nganggeran ini buka setiap hari.

Rute yang bisa dialui untuk menuju lokasi dari Kota Jogja-Jalan Wonosari-Daerah Piyungan-Bukit Patuk/Hargodumilah-Perempatan Patuk ke kiri-Desa Ngoro-Oro-Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan-Pendopo Kalisong ikuti terus jalan aspal-Pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri-liat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di jalan tikungan dan pertigaan-Kebun Buah Nglanggeran. Berhubung tidak ada trayek angkutan umum yang melayani rute hingga Embung Nglanggeran, sebaiknya membawa kendaraan pribadi.

Tips.

  • Karena tempatnya mendaki sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman, seperti sepatu kets.
  • Memakai payung atau topi.
  • Membawa air mineral.

Anda tidak ingin ribet untuk masalah rute dan penginapan ke Embung Nglanggeran? Jangan khawatir, anda bisa menggunakan jasa Paket Wisata Jogja dan Sewa Mobil Jogja Jamela Tour & Travel. Silahkan kontak kami di 081578781230.

Related Post

Leave a Reply