Wisata Candi Boko

Candi boko merupakan salah satu objek wisata candi yang cukup populer di Yogyakarta. Candi ini dibangun pada masa Rakai Panangkaran yang merupakan keturunan dari dinasti Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun sebagai sebagai bakti untuk Ratu Boko. Candi ini dahulu dibuat sebagai tempat untuk bersemedi dan menyendiri. Sehingga keberadaan candi ini memiliki peranan yang cukup penting untuk peradaban umat manusia. Meskipun dahulu bangunan ini digunakan untuk bersemedi, namun kini bangunan ini sudah berubah menjadi objek wisata yang penting di kota Yogyakarta. Letaknya berada sekitar 3 km dari komplek candi Prambanan, candi ini menjadi salah satu candi yang wajib dikunjungi jika anda ke Jogja.

Jamelatour.co.idRental Mobil Jogja, kami menyediakan mobil-mobil dengan tahun baru untuk disewakan, Avanza, Xenia, Mobilio, Brio, Ertiga, Inova, Elf, Hiace. Semua dalam keadaan bersih, nyaman dan harum. Segera kontak 081578781230 untuk booking. 

Candi Boko ini berada pada sebuah bukit yang memiliki ketinggian kira-kira sekitar 196 meter. Tempat ini memiliki keistimewaan yaitu, jika kebanyakan candi hanya berbentuk demikian saja, namun situs purbakala ini memiliki sebuah bangunana yang cukup lengkap mulai dari pemandian, pendopo, pintu gerbang dan lain-lain. Bangunan ini bisa dikatakan sebagai bangunan utuh sisa kerajaan Ratu Boko. Sehingga bangunan ini menjadi sebuah situs bangunan yang cukup layak untuk dikunjungi. Bangunan ini sebagai bukti bahwa kediaman Ratu Boko memiliki keistimewaan yaitu bangunannya yang megah dan mewah. Di lokasi ini Anda bisa menyaksikan tempat pemandian Ratu Boko saat masih berkuasa. Bangunan ini merupakan bangunan sisa yang masih bisa diselamatkan dari situs Ratu Boko ini.

Luas areal dari komplek candi Boko ini sekitar 250.000 m2. Candi ini buka setiap hari dari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Sedangkan untuk tiket masuk ke objek wisata ini pengunjung akan dipungut biaya sekitar 25.000 rupiah untuk pengunjung dewasa dan 10.000 rupiah untuk pengunjung anak-anak. Sedangkan untuk pengunjung dari turis asing, pengunjung akan dikenai biaya sekitar 13 dolar. Ketika Anda berkunjung ke candi ini, anda akan disambut dengan pemandangan yang sangat indah dari atas perbukitan. Anda dapat mengitari komplek candi ini dengan bantuan sebuah peta yang disediakan oleh pihak pengelola. Pihak pengelola akan memberikan sebuah peta yang juga berfungsi sebagai penjelasan ketika Anda berkunjung ke komplek candi ini.

Apabila anda ingin berkunjung ke candi boko, anda bisa menggunakan transportasi umum dari arah kota Yogyakarta. Apabila anda akan menuju ke candi ini dari Stasiun Tugu, anda bisa berendara menggunakan Trans Jogja jurusan Prambanan. Kemudian dari Prambanan Anda bisa menggunakan ojek dengan tarif sekitar 15.000 rupiah saja. Mengapa menggunakan ojek, sebab situs ini belum bisa dilewani oleh angkutan umum. Nah cukup mudah bukan untuk mengakses candi Boko ini. Jalan menuju ke candi Boko ini sangat dikelola dengan baik. Jalannya dan prasaran umumnya yang memadai inilah ynag menjadikan sisa peninggalan ratu boko ini menjadi wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke jogja.

Anda bisa menikmati juga keistimewaan lain dari candi boko ketika sore hari. Anda bisa menikmati sebuah pemandangan alam dari saat matahari akan terbenam pada sore hari dengan berkunjung ke lokasi ini. Pemandangannya akan sangat indah ketika Anda menikmati saat matahari terbenam melalui ketinggian dari situs ratu Boko ini. Ketika Anda berkunjung ke situs ini ada baiknya jika Anda menjaga kebersihannya. Sebab objek wisata ini sangat sayang jika dibiarkan dalam keadaan kotor. Sebab pemandangan alamnya yang indah dari mulai pagi hingga sore hari ini akan wajib dijaga kelestarian dari situs purbakala yang cukup penting di kota jogjakarta ini.

Anda tidak ingin ribet untuk masalah rute dan penginapan ke Candi Boko? Jangan khawatir, anda bisa menggunakan jasa Paket Wisata Jogja dan Sewa Mobil Jogja Jamela Tour & Travel. Silahkan kontak kami di 081578781230.

Leave a Reply