Mempelajari Kebudayaan Jawa Di Kraton Yogyakarta

Di Indonesia dahulu banyak kerajaan-kerajaan berdiri di seluruh nusantara. Tapi banyak dari keraajaan-kerajaan itu, sudah menjadi kenangan yang hanya bisa dilihat di museum atau dibaca di buku-buku sejarah. Walaupun begitu ada beberapa kerajaan yang masih berdiri tegak dan dilestarikan keberadaannya. Kerajaan itu antara lain adalah Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau biasa disebut Kraton Yogyakarta. Di tempat ini merupakan kiblat perkembangan budaya jawa, sehingga wisatawan yang berkunjung dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya jawa terus hidup serta dilestarikan. Wisatawan bisa menyaksikan koleksi barang-barang Kraton disimpan dalam kotak kaca, yang tersebar di berbagai ruangan. Mulai dari keramik dan barang pecah belah, senjata, foto, miniatur dan replika, hingga aneka jenis batik serta deorama proses pembuatannya. Selain itu ada juga pertunjukan seni dengan jadwal berbeda setiap hari. Pertunjukan tersebut antara lain macapat, wayang golek, wayang kulit, tari-tarian dan jemparing.

Jamelatour.co.idRental Mobil Jogja, kami menyediakan mobil-mobil dengan tahun baru untuk disewakan, Avanza, Xenia, Mobilio, Brio, Ertiga, Inova, Elf, Hiace. Semua dalam keadaan bersih, nyaman dan harum. Segera kontak 081578781230 untuk booking. 

Kuliner di lokasi ini, terdapatnya warung-warung makan di sekitar Kraton Yogyakarta. Wisatawan bisa memilih menu apa yang diinginkan sesuai selera. Tapi bisa juga mencicipi kuliner khas Yogya yaitu gudeg, sedangkan untuk buah tangan bisa membeli panganan khas Yogya seperti bakpia pathuk ataupun geplak.  Untuk menjaga keindahan dan kenyamanan di Kraton Yogyakarta ini, jangan membuat kerusakan, mencoret-coret dan membuang sampah sembarangan di tempat wisata.

Fasilitas yang ada di Kraton, terdapat area parkir dan untuk beribadah umat muslim bisa di Masjid Gedhe Kauman yang terletak di sebelah barat alun-alun Kraton Yogya. Ada pula penginapan dan homestay. Jika ingin membeli suvenir terdapat pula toko cindera mata yang letaknya tidak jauh dari Kraton. Di toko ini wisatawan bisa membeli batik ataupun keris.

Tarif untuk masuk ke Kraton Yogya yaitu Rp. 7.000/orang untuk WNI sedangkang untuk WNA Rp. 12.500/orang. Jika ingin berfoto di lingkungan Kraton diperlukan tiket izin mengambil gambar Rp.1.000,. Kraton Yogya dibuka pada jam 08.00 sampai 14.00 wib, khusus hari Jumat buka jam 08.00 sampai 12.00 wib.

Rute ke Kraton terdapat di pusat kota yaitu di sebelah alun-alun utara kota Yogya hanya berjarak kurang lebih 50 m dari Jl. Malioboro.

Tips.

  • Selalu perhatikan papan petunjuk, karena ada beberapa peringatan seperti dilarang merokok, duduk di bangsal, memasukkan uang ke sumur dan lain-lain.
  • Jika membawa anak harus selalu diawasi karena ada barang-barang di Kraton yang mudah pecah.

Anda tidak ingin ribet untuk masalah rute dan penginapan ke Kraton Yogyakarta? Jangan khawatir, anda bisa menggunakan jasa Paket Wisata Jogja dan Sewa Mobil Jogja Jamela Tour & Travel. Silahkan kontak kami di 081578781230.

Leave a Reply