Menikmati Hari Di Hutan Mangrove Kulon Progo

Kadang anda ingin bersantai dari rutinitas yang padat. Mungkin anda bisa mencoba untuk mengunjungi Hutan Mangrove Kulon Progo. Anda bisa bersembunyi sementara  dari hingar bingar kota yang bising dan menyatu dengan alam di hutan ini. Walau perihal pertama pembangunan Hutan Mangrove bukan untuk wisata, melainkan untuk mempertahankan pesisir dari abrasi. Tetapi karena pesona hutan ini yang telah menyebar di sosial media, jadilah banyak wisatawan berkunjung ke lokasi ini. Mangrove ini dipelihara oleh warga setempat dan dikembangkan sendiri secara swadaya, sehingga tumbuh subur menjadi hutan ini.

Wisatawan akan diajak menikmati kerimbunan hutan mangrove yang terhampar hijau lengkap dengan biota didalamnya. Hutan Mangrove ini baru di buka untuk umum sekitar Januari 2016 dan kini merupakan satu-satunya Hutan Mangrove Kulon Progo. Karena lokasi ini ditujukan untuk konservasi daerah pesisir pantai, jadi sebaiknya pengunjung tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat merusak ekosistem sekitar hutan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Jamelatour.co.idRental Mobil Jogja, kami menyediakan mobil-mobil dengan tahun baru untuk disewakan, Avanza, Xenia, Mobilio, Brio, Ertiga, Inova, Elf, Hiace. Semua dalam keadaan bersih, nyaman dan harum. Segera kontak 081578781230 untuk booking. 

Fasilitas yang ada di lokasi ini seperti toilet dan musholla. Juga ada jembatan di sekitar Hutan Mangrove Kulon Progo, serta pengelola menyediakan 10 spot foto yang berbeda, antara lain jembatan melingkar berbentuk hati dan gitar rakasasa berlatar hutan mangrove. Anda juga bisa belajar mengenai keanekaragaman flora dan fauna yang berada di hutan ini selain itu pengunjung dapat melakukan aktifitas lain seperti memancing. Anda juga bisa mengunjungi gua mangrove yaitu sebuah kawasan yang dibuat dari karung-karung yang diisi pasir sebagai jalan di mana daun-daun pohon mangrove di sisi kiri dan kanan menutupi keseluruhan jalan.

Tarif untuk masuk ke kawasan ini relatif terjangkau yaitu Rp. 4.000/orang, bila ingin menaiki perahu untuk berkeliling di hutan ini anda cukup membayar Rp. 5.000/orang. Kawasan wisata ini buka setiap hari dari jam 06.00 hingga 19.00 wib.

Rute untuk menuju lokasi ini dari kota Yogya menuju jalan Yogya-Wates sampai perbatasan Kulon Progo ke arah Purworejo kurang lebih 20 km. Sampai di patung kuda kota Wates ke barat lagi. Pertigaan terminal Wates ambil kiri sekitar 10 km nanti di kanan jalan ada rumah makan padang murah meriah pertigaan bentuk huruf Y ambil kiri arah pantai Congot atau sebelum tugu selamat datang di Kabupaten Purworejo. Lurus setelah ketemu dengan jembatan Congot, masih ke barat kira-kira 100 meter kiri jalan nanti ada papan nama Dusun Pasir Mendit ikuti petunjuk arahnya.


Tips.

  • Sebaiknya jika berkunjung ke hutan ini pada sore hari sekitar jam 4 atau pagi hari sekitar jam 6 pagi untuk menghindari sengatan sinar matahari.
  • Sebaiknya membawa bekal dari rumah karena warung makan makan dan minuman tidak begitu banyak.

Anda tidak ingin ribet untuk masalah rute dan penginapan ke Hutan Mangrove Kulon Progo? Jangan khawatir, anda bisa menggunakan jasa Paket Wisata Jogja dan Sewa Mobil Jogja Jamela Tour & Travel. Silahkan kontak kami di 081578781230.

Leave a Reply