Menikmati Keindahan Pemandangan Di Dalam Goa Cerme

Jika anda menyukai wisata yang membutuhkan nyali, anda harus mencoba untuk berwisata ke Goa Cerme di Yogyakarta. Goa ini diyakini dahulunya salah satu tempat berkumpulnya para Walisongo dan arti kata “Cerme”  yang artinya ceramah. Sehingga goa ini digunakan oleh Walisongo untuk kepentingan pertemuan dan membicarakan berbagai hal tentang Islam dan penyebarannya. Goa ini juga termasuk goa yang panjang dan dalam. Di dalam goa ini terdapat pemandangan indah yang disuguhkan seperti stalagtit dan stalagmit,juga terdapat suangai bawah tanah, canopy, gourdam, gorden dan sebagainya. Tetapi jika berada di dalam Goa Cerme diperlukan kehati-hatian, karena terdapat sarang kelelawar di beberapa tempat serta terdapat pula genangan air setinggi 1-1,5 m. Di dalam Goa Cerme juga mempunyai beberapa ruangan antara lain Mustoko, Air Suci, Watu Kaji, Pelungguhan/ Paseban, dan masih banyak lagi. Di lokasi ini terdapat juga pemandu wisata agar tidak tersasar bila menyusuri goa ini. Tempat wisata alam ini terdapat di dalam kawasan dua kabupaten. Pintu masuk Goa Cerme di Dusun Srunggono, Desa Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul dan akan tembus sampai ke Ploso, Desa Giritirto, Kec. Panggang Kab. Gunung Kidul Yogyakarta.

Jamelatour.co.idRental Mobil Jogja, kami menyediakan mobil-mobil dengan tahun baru untuk disewakan, Avanza, Xenia, Mobilio, Brio, Ertiga, Inova, Elf, Hiace. Semua dalam keadaan bersih, nyaman dan harum. Segera kontak 081578781230 untuk booking.

Kuliner yang terdapat di lokasi adanya warung makan, anda bisa meilih sesuai selera. Untuk menjaga keindahan dan kenyamanan di wisata Goa Cerme ini, jangan membuat kerusakan, mencoret-coret dan membuang sampah sembarangan di tempat wisata.

Fasilitas yang ada di sini belum begitu lengkap, yaitu terdapat toilet, area parkir, tempat istirahat, tempat pertemuan dan pusat informasi. Di dalam dasar goa terdapat anak tangga dengan panjang kurang lebih 750 m dan sekitar 760 anak tangga. Ada pula penyewaan headlamp / topi senter.

Tarif untuk masuk ke goa ini dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500,- dan biaya parkir sepeda motor Rp. 2.000,-. Untuk penyewaan headlamp Rp.5.000,- dan jasa pemandu Rp. 30.000,-.

Rute untuk menuju lokasi ini dari Kota Yogya menuju ke Terminal Giwangan kemudian menuju jalan Imogiri Timur maka akan menemukan petunjuk arah untuk menuju Goa Cerme sedang bila menggunakan transportasi umum dengan rute Jogja-Imogiri-Cerme dari Terminal Giwangan.

Tips.

  • Menggunakan alas kaki yang nyaman dan aman seperti sepatu bot.
  • Membawa baju ganti, senter, bekal dan air minum.

Anda tidak ingin ribet untuk masalah rute dan penginapan ke Goa Cerme? Jangan khawatir, anda bisa menggunakan jasa Paket Wisata Jogja dan Sewa Mobil Jogja Jamela Tour & Travel. Silahkan kontak kami di 081578781230.

Leave a Reply